Selasa, 01 Oktober 2013

Rancangan Arsitektur Data Warehouse Penjualan Di PT. Semen Padang

Di bawah ini merupakan gambar rancangan arsitektur data warehouse penjualan PT. SEMEN PADANG


      Arsitektur data warehouse penjualan di PT. Semen Padang dimulai dengan mengumpulkan data yang berkaitan dengan penjualan yang bersumber dari berbagai database seperti database penjualan, promosi, customer, dan produksi.
    
     Setelah data dari berbagai database dikumpulkan, terhadap data tersebut dilakukan ekstraksi sesuai dengan kebutuhan data warehouse yang akan dibangun. Seperti dari database penjualan, data yang dibutuhkan adalah data penjualan dari tahun 2010 – 2011, data wilayah penjualan, data tipe pembayaran dan jenis penjualan.

     Dari data yang sudah diekstraksi dilakukan proses transformasi data. Pada proses transformasi dilakukan proses seperti merapikan data yang tidak konsisten seperti pemberian kode customer, memperbaiki penamaan pada field, dan lain-lain.

      Proses selanjutnya adalah data loading ke dalam gudang data yang sudah dibangun dengan menggunakan script yang ada di SQL. Sehingga terbentuklah sebuah data warehouse yang siap digunakan untuk menghasilkan informasi.

    Dengan teknologi OLAP (OnLine Analytical Processing), dihasilkan beberapa view yang disesuaikan dengan kebutuhan user diantaranya analisis penjualan berdasarkan jenis semen tiap tahun, analisis penjualan berdasarkan wilayah penjualan tiap tahun, analisis penjualan berdasarkan plant pengantongan semen tiap tahun, analisis penjualan berdasarkan customer tiap tahun, analisis penjualan berdasarkan bulan penjualan, dan analisis penjualan berdasarkan tahun penjualan.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar